5 Hal Tidak Boleh Dilakukan Ketika Backpacking ke Amerika

5 Hal Tidak Boleh Dilakukan Ketika Backpacking ke Amerika

Mengesampingkan masalah susahnya untuk menembus birokrasi dan juga lolos dari prosedur untuk masuk ke Amerika Serikat, termasuk masalah pengurusan VISA, pemeriksaan di bandara yang sangat ketat dan berbagai macam lainnya, Negeri Paman Sam tersebut diyakini atau tidak merupakan salah satu negara yang sangat banyak dikunjungi dan menjadi magnet dari ribuan atau bahkan jutaan orang dari seluruh dunia.

Hanya saja, walaupun sudah terkenal sampai ke pelosok paling ujung sekalipun, ternyata masih ada banyak sekali orang-orang yang berstatus turis, traveler atau juga backpacker yang belum mengetahui aturan-aturan tak tertulis yang berlaku di Amerika Serikat.

Oleh karenanya, jika kamu memutuskan untuk backpacking ke Amerika Serikat atau juga menjadi seorang traveler atau turis sekalipun untuk yang kali pertama, maka beberapa informasi terkait dengan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan berikut mungkin sangat berguna untuk diketahui dan diterapkan sesampai di negara tersebut nantinya.

BOLEH: Memberikan tips

Tidak seperti di Jepang, ketika berwisata ke Amerika Serikat dan sedang berada di tempat umum seperti cafe atau juga di hotel, pemberian tips adalah salah satu hal yang sangat sering dilakukan oleh siapa saja. Bahkan para pelayan pun tidak segan untuk meminta atau menunggu orang yang dilayaninya untuk memberikan tips kepadanya. Jadi memberikan tips saat berada di Amerika Serikat adalah hal yang wajar dan wajib dilakukan ketika sudah mendapatkan servis atau layanan dari seseorang.

Rata-rata pelayan restoran, cafe sampai dengan hotel, penginapan dan sejenisnya mendapatkan upah sekitar USD2.13 sampai dengan USD7.25 per jamnya. Maka dari itu, dengan biaya hidup yang tinggi di Amerika Serikat, gaji sebesar itu dirasa cukup kecil bagi mereka yang bekerja sebagai pelayan. Oleh karenanya, dianggap dan dirasa sangat tidak sopan sekali ketika sudah dilayani, ternyata tidak memberikan tips kepada sang pelayan.

TIDAK BOLEH: Merokok di sembarang tempat

Amerika Serikat dikenal sebagai negara bebas atau liberal untuk berpendapat atau juga melakukan apa saja. Walaupun dikatakan bebas, namun jangan seenaknya sendiri merokok di tempat umum, terutama ketika sedang berada di daerah perkotaan besar seperti New York, Washington dan lain sebagainya. Hal itu disebabkan tumbuh dan berkembangnya gerakan anti-rokok di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan kabarnya, ada beberapa negara bagian di Amerika Serikat yang sudah menetapkan aturan khusus dan juga sanksi kepada siapa saja yang ketahuan merokok di tempat umum. Tidak hanya itu saja, kabar lain juga menyebutkan sejak tahun 2015 lalu, pemerintah daerah California sudah menetapkan larangan merokok di cafe, bar, jalanan umum, parkiran sampai dengan di daerah pantai.

BOLEH: Tepat waktu

Walaupun belum diketahui siapa pencetus ungkapan “Time is money” atau “Waktu adalah uang” tersebut, namun secara tidak langsung, ungkapan itu tela diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mayoritas masyarakat di Amerika Serikat. Oleh karenanya, ketika sudah memiliki janji dengan seseorang atau akan menghadiri sebuah acara, maka datanglah sebelum waktu dimulai.

Budaya tepat waktu adalah sangat dijunjung tinggi di Amerika Serikat. Bahkan anak-anak kecil juga sudah diajarkan untuk selalu menepati janji dengan datang tepat waktu agar tidak membuat orang yang ingin ditemui tidak kecewa. Hanya saja, ketika ada masalah yang urgent atau datang tiba-tiba seperti terjebak macet, sakit dan lain sejenisnya, maka menghubungi pihak yang akan ditemui secepatnya adalah opsi yang paling tepat untuk dilakukan.

Backpacking ke Amerika Serikat

TIDAK BOLEH: Menggunakan bahasa slang Amerika Serikat

Mungkin jika kamu menonton film buatan sutradara Hollywood, maka sangat lazim dan sering kali mendengar kata-kata slang sampai dengan sumpah serapah yang diucapkan oleh aktor atau aktris yang bermain di film tersebut. Namun ketika sedang backpacking ke Amerika Serikat, disarankan untuk menggunakan bahasa yang lebih formal dan tidak memakai bahasa slang seperti yang ada di film.

Memang terkesan keren dan ‘lebih’ Amerika Serikat ketika menggunakan bahasa slang mereka dalam keseharian atau dalam percakapan, namun justru orang Amerika Serikat sendiri akan menganggap aneh ketika ada orang asing yang sok menggunakan bahasa slang tersebut.

BOLEH: Patuhi aturan lalu lintas dan tanda jalan

Mungkin banyak yang setuju dengan ungkapan, “Aturan dibuat untuk dilanggar,” namun hal tersebut akan tidak berarti ketika berada di Amerika Serikat. Pasalnya, di negara tersebut pihak kepolisian akan benar-benar memberlakukan sanksi atau hukuman tegas kepada siapa saja yang mencoba atau kedapatan melanggar aturan, terutama aturan lalu lintas dan juga melanggar tanda jalan yang sudah dipasang, seperti dilarang parkir, dilarang berhenti, dilarang masuk dan lain sebagainya.

Jika di Indonesia ada banyak pengendara, baik itu motor atau mobil, yang tidak terlalu mempedulikan masalah kecepatan berkendara atau juga sudah jalan ketika traffic light masih berada di warna kuning, di Amerika Serikat benar-benar harus mematuhinya. Kendaraan benar-benar berhenti ketika lampu sudah merah dan baru boleh jalan ketika sudah hijau.

Sebenarnya, masih sangat banyak lagi peraturan yang tak tertulis dan harus dipatuhi dan dilakukan oleh semua orang asing yang datang ke Amerika Serikat. Namun beberapa poin di atas di rasa sudah cukup representatif untuk dilakukan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *